Thursday, October 28, 2010

Aplikasi Pencacah Bilangan Konversi Hex ke Binary menggunakan VB.NET

Aplikasi ini dikembangkan dengan tujuan untuk mengkonversi bilangan dengan format hexadesimal ke dalam bentuk format binary, aplikasi sederhana dan mini ini dikembangkan dengan bahasa program VB dan menggunakan Visual Studio 2005.

Aplikasi konversi hexa ke binary ini saya bangun berdasarkan pengalaman saat juga mencari referensi diinternet mengenai kode konversi ini, saya menemukannya di situs visualbasiccode, bertolak dari sana saya kembangkan menjadi aplikasi pencacah bilangan dan konversi hexa ke binary sesuai dengan kebutuhan saya.

berikut tampilan interface yang nantinya full/seluruh kode saya lampirkan agar bisa saling berbagi, pengalaman :)


pada gambar diatas adalah tampilan halaman aplikasi pencacah bilangan dan konversi hex ke bentuk binary,


untuk gambar diatas ini adalah contoh bilangan hexa yang akan dicacah lalu di konversi ke bentuk binary yang hasilnya bisa dilihat pada richtextbox yang juga ada pada gambar diatas,


sedangkan berikut gambar ini adalah code yang saya gunakan pada saat proses konversi dari hexa ke bentuk binary, kode ini saya dapatkan dari situs visualbasiccode,


untuk kode diatas adalah kode yang saya kembangkan sendiri yaitu, kode untuk menambahkah angka 0 (nol) pada hasil konversi binary, karena pada hasil konversi kode sebelumnya, nilai yang dihasilkan tidak sesuai dengan jumlah bit yang seharusnya yaitu 8 bit, maka apabila hasil konversi nilai hexa 2 yang seharusnya 10 maka akan dipenuhkan menjadi 00000010,


ini adalah gambar terakhir yang saya lampirkan, yaitu untuk memenggal atau mencacah bilangan hexa yang dikonversi per 2 digit, jadi jika ada bilangan hexa 01 02 maka, akan muncul di aplikasi hasil konversi masing-masing dari 2 digit yaitu konversi untuk 01 dan konversi untuk 02,

DISINI, Sekiranya cukup sekian share dari saya, semoga bermanfaat, terus berbagi selalu semangat, terima kasih untuk referensi kodenya dari visualbasiccode :)

No comments:

Post a Comment