Sunday, November 9, 2008

Kalo Amrik punya Facebook, MySpace, Google, Yahoo. Indonesia juga punya

Fenomena Facebok memang luar biasa, selain saat ini situs tersebut mencapai posisi teratas ke-5 di dunia (dibawah yahoo, google, youtube, dan live.com - data dari alexa.com) facebook juga menciptakan standar baru dalam hal situs pertemanan. Teknologi yang digunakan Facebook memang jauh diatas pesaingnya. Bahkan MySpace yang lebih dulu tenar daripada facebook kini harus memberi jalan kepada Facebook.

Mark Zuckerberg, 24 tahun, pencipta sekaligus CEO Facebook dinobatkan menjadi pemuda/remaja terkaya yang kekayaannya dicapai berkat usahanya sendiri dan bukan warisan atau "hadiah". Ini membuktikan bahwa Amerika memang memiliki sumber daya otak yang tak terbatas dan selalu beregenerasi kembali.

Australia, dengan friendster yang telah menancapkan kukunya di masyarakat Indonesia pun sepertinya harus waspada. Karena perlahan tapi pasti, pengguna Friendster mulai beralih ke Facebook dengan berbagai alasan. Namun alasan yang paling umum adalah karena Facebook kaya akan aplikasi yang dibagun pihak ke-tiga.

Indonesia, yang memiliki peringkat kepadatan penduduk no.4 dengan jumlah penduduk lebih dari 200 juta orang hanya bisa menjadi konsumen raksasa-raksasa internet tersebut. Sungguh hal yang sangat disayangkan mengingat Indonesia adalah pasar yang sangat besar dan sangat potensial namun belum mampu dimanfaatkan sepenuhnya oleh praktisi teknologi informasi yang ada saat ini. Tak heran, seandainya di bidang IT ada neraca perdagangan (atau lebih tepatnya neraca lalu lintas internet) Indonesia menghasilkan MINUS BESAR!

Sekian banyak iklan-iklan di situs tersebut yang di klik oleh pengguna dari Indonesia yang pendapatan atau keuntungan dari pemasangan iklan itu dinikmati bukan oleh penduduk Indonesia. Lapangan pekerjaan yang diciptakan oleh penguasa internet itu tidak terasa efeknya di lingkungan penyumbang pendapatan mereka. Sungguh sangat ironis menurut saya.

Namun, ada beberapa hal yang menurut saya cukup menggembirakan yang mungkin Anda belum mengetahuinya. Secara gerilya karena keterbatasan sumber daya, sebenarnya banyak programmer-programmer muda Indonesia yang mulai menciptakan berbagai inovasi di belantara internet. Para gerilyawan-gerilyawan muda ini berusaha berperang melawan dominasi negara-negara barat dengan menciptakan situs-situs yang tidak kalah bagusnya dengan yang sudah ada. Sayangnya, hanya sedikit dari kita yang mengetahui keberadaan mereka. Padahal mereka berjuang dengan gigih mengatasnamakan bangsa kita sendiri.

Bayangkan, apabila mereka bisa sukses katakanlah 10% dari yang dicapai oleh raksasa tersebut. Sudah pasti akan ada banyak lapangan pekerjaan baru yang dibuka, pengurangan angka kemiskinan, roda ekonomi yang berputar yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia.

Sebagai contoh, nilai aset Facebook saat ini adalah 4 milyar dolar AS. Hasil ini dihitung secara kasar berdasarkan kepemilikan Facebook sebesar 5% yang dibeli Microsoft senilai kurang lebih 200 juta dolar AS. Maka, kalau ada dari mereka para programmer sekaligus gerilyawan internet yang bisa mencapai 10% nya saja berarti mereka bisa menghasilkan aset sebesar 400 juta dolar AS atau agar lebih mudah membayangkannya bila dirupiahkan adalah sebesar Rp 4.000.000.000.000 (empat trilyun rupiah). Sebuah angka yang luar biasa dan bayangkan kontribusi terhadap roda ekonomi negara apabila uang sebesar itu berada di Indonesia. Dan itu hanyalah sebesar 10% nya saja.

Nah, kalau diselidiki lebih lanjut kenapa mereka tidak bisa sesukses seperti saudaranya yang berkulit putih dari belahan dunia barat tersebut adalah karena kurangnya dukungan dari saudara senegaranya sendiri. Oleh karena itu, kenapa kita tidak memberikan dukungan kepada mereka agar mereka memiliki kesempatan menjadi besar dan mampu bersaing dengan raksasa-raksasa tersebut? Padahal untuk mendukung mereka Anda tidak diwajibkan membayar sepeser pun. Cukup daftar (pada umumnya gratis), mempromosikan website mereka kepada teman-teman (paling keluar biaya SMS, atau bisa gratis dengan email), dan memberikan kritik dan saran yang membangun kepada mereka agar mereka mendapatkan masukan sekaligus kepercayaan diri untuk terus melanjutkan perjuangannya.

Bersama tulisan ini, saya ingin menghimbau rekan-rekan semua untuk berpartisipasi memberikan dukungan kepada pejuang-pejuang kemerdekaan di era informasi ini. Partisipasi yang saya harapkan melalui kaskus ini tidaklah berupa sumbangan dana atau demonstrasi di depan gedung MPR/DPR RI. Rekan-rekan cukup menghimbau atau menyampaikan informasi ini ke teman2nya agar tercipta suatu aliran informasi yang kontinyu untuk mengkomunikasikan betapa pentingnya mendukung produk dalam negeri (teori word of mouth/mulut ke mulut). Tunjukkan Anda peduli dengan nasib bangsa, tunjukkan bahwa Anda juga ingin menjadikan bangsa ini sebagai bangsa yang tidak hanya dipandang sebagai konsumen, tapi juga produsen. Dukungan rekan-rekan semua akan sangat saya hargai.

Berikut ini beberapa website karya lokal yang patut diperhitungkan dan diberikan dukungan.

1. DIGLI.com (www.digli.com) - Situs pertemanan indonesia
2. Kaskus.com (www.kaskus.com) - Komunitas terbesar di indonesia
3. CHIP Classifieds (www.chip.co.id) - Bursa produk IT terbesar di Indonesia
4. GwBanget.com (www.gwbanget.com) - Situs adu narsis Indonesia
5. MyIndonesia.co.nr (www.myindonesia.co.nr) - Situs blog yang selalu optimis dengan kemajuan bangsa indonesia
6. Indowebster.com (www.indowebster.com) -
7. Ligagame.com (www.ligagame.com) - Portal game Indonesia
8. Rumah123.com (www.rumah123.com) - portal properti indonesia
9. Lautan Indonesia (www.lautanindonesia.com) - situs portal dan forum indonesia
10. Gudanglagu.com (www.gudanglagu.com) - situs donlot lagu
11. Bergaul.com (www.bergaul.com) - situs tempat mencari teman atau situs pertemanan
12. Games.co.id (www.games.co.id) - situs untuk bermain game online

dan masih banyak lagi, belum sempat tulis semuanya karena bikin tulisan ini pun mendadak.

Bagi Anda yang ingin menyumbang link website buatan dalam negeri yang patut diberi dukungan oleh kita, silahkan posting disini. Gue sangat berharap thread ini dipenuhi informasi situs2 yang belum muncul ke permukaan dan bukan junk atau posting yang tidak berkaitan. Mari kita bahu membahu mendukung situs buatan dalam negeri.

MAJU NEGERIKU! MAJU INDONESIA!

Dikutip dari : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=1180929

No comments:

Post a Comment