Saturday, January 31, 2009

Ada 4 Alternatif Sebelum Menghancurkan Hardisk, Simple Tapi Penting

Mudahnya saat ini kita untuk mengganti harddisk kita dengan yang baru sudah mudah dan relatif cukup murah. Karena selain harga yang hitungannya cukup murah, kita mencari tempat membelinya pun sudah mudah. Dengan berbagai alasan, seperti kapasitas yang tidak lagi mencukupi, kecepatan akses yang kurang, atau bahkan karena rusak. Namun dengan mudahnya kita untuk menggonta-ganti harrdisk kita, ada sedikit informasi nih. Dikutip dari detikinet seperti ini

Jangan keburu menghancurkan hardisk meski Anda sudah tidak menggunakannya lagi. Temukan cara lain yang lebih jitu, daripada harus membongkar-bongkar gudang untuk mencari palu.



Sebuah majalah konsumen terkemuka menasihati pemiliki komputer untuk menghancurkan hardisk jika akan menjual komputer. Pasalnya, ada banyak risiko data-data pribadi akan terungkap dari hardisk bekas meskipun sudah diformat.

Dikutip detikINET dari ITportal, Sabtu (10/1/2009), inilah beberapa cara yang perlu dipertimbangkan untuk dilakukan pada komputer bekas sebelum akhirnya (jika memang terpaksa) memutuskan untuk menghancurkan hardisk:

1. Gunakan DBAN (Darik's Boot And Nuke) jika Anda berencana menjual komputer lewat Ebay. DBAN berfungsi "membersihkan" komputer. Semua konten dapat terhapus secara otomatis sebelum Anda merelakannya jatuh di tangan orang lain. Namun Anda perlu membuat CD yang dapat di-boot terlebih dulu, atau DVD yg memakai file ISO.
berikutnya.....



2. Cara lainnya adalah dengan mengisi space yang ada di hardisk drive dengan file-file hingga penuh dan menindih file-file sebelumnya. Sebagai contoh, unduhlah kopian ISO dari distribusi Linux manapun dan kopi semua itu(jika Anda memakai Windows). Setelah semua terisi, kemudian formatlah.
3. Anda bisa juga mengambil semua data yang ada, mengkompresnya, mengamankannya menggunakan sandi yang kuat, kemudian memformat hardisk drive tersebut. Hal ini untuk menanggulangi bila ada orang iseng yang akan merecover file-file itu.
4. Tetapi jika Anda ingin menyingkirkan komputer Anda beserta semua perangkatnya, apakah tidak lebih baik jika menyumbangkannya saja untuk acara amal atau untuk teman terdekat Anda?

3 comments:

  1. Sipzz Gan..
    Besok klo ada masalah di harddiskku mo ta coba praktekin..

    ReplyDelete
  2. jangan lupa...
    amankan data2 anda,
    data anda adalah informasi anda...

    ReplyDelete