Sunday, January 3, 2010

Menghitung Hari Libur pada VB.Net

Mumpung masih musim libur, iseng-iseng bikin fungsi pemrograman yang sebenarnya hanya memodifikasi fungsi yang pernah saya posting pada artikel sebelumnya "Menghitung Hari Kerja pada VB.Net". Fungsi kali ini hanya kebalikannya saja, yaitu menghitung Hari Libur. Terkadang fungsi juga digunakan saat-saat perhitungan jumlah masa suatu waktu yang kelak nantinya bermamfaat untuk penghitungan jumlah gaji(aplikasi penggajian), denda(aplikasi perpustakaan) atau apa saja. berikut adalah fungsinya yang saya bangun menggunakan bahasa pemrograman VB.Net yang didevelop menggunakan Visual Studio 2005:


Gambar diatas adalah fungsi yang akan menghitung jumlah hari libur (hanya hari sabtu dan minggu) pada suatu periode waktu yang ditentukan.


Dan untuk gambar diatas ini adalah terdiri atas 2 buah sub dengan penjelasan sebagai berikut :
1. sub Hitung: sebagai prosedur untuk memasukkan nilai (periode awal dan periode akhir) yang nantinya akan dihitung oleh fungsi GetHariLibur
2. sub DateTimePickerTglAkhir_ValueChanged: sebagai prosedur yang memanfaatkan event dari dateTimePickerTglAkhir, sehingga tiap kali berganti periode tanggal akhir, maka fungsi akan otomatis menghitung jumlah hari libur pada periode tersebut.


Berikut sedikit penjelasan singkat mengenai interface dan kegunaan dari aplikasi kecil diatas, semoga dapat bermanfaat :).

Terima Kasih.

Source Code Aplikasi dapat didownload DISINI



8 comments:

  1. beuh. akhirnya di post juga :D , ni dia yang kemaren saya cari2.. akhirnya dapet juga.. xixixi.. cuman di blog ini doang lagi adanya, menghitung lama kerja tanpa hari libur sabtu minggu.. terima kasih banyak atas supportnya mas ;)

    ReplyDelete
  2. hhe..iya..baru sya post untuk hari liburnya,,kmren saya baru post untuk hitung hari kerjanya saja, maklum mmpung hari minggu,,jadi mumpung sempat ada luang waktu :D

    ReplyDelete
  3. Kalau hari liburnya ditambah tanggal merah selain sabtu , minggu tambah rumit ya?

    ReplyDelete
  4. dibilang rumit ngga jg sih mas wyd, paling nambah variabel input baru ,,kira2 sperti itu :D

    ReplyDelete
  5. gan kalo buat denda perpustakaan gimana tuh??

    ReplyDelete